Bubur Ayam, Sarapan Khas Indonesia


Perkembangan zaman yang sangat pesat membuat berbagai bidang juga mengalami perkembangan termasuk dalam bidang kuliner namun masih banyak masyarakat yang mempertahankan kearifan lokal yang ada dala bidag kuliner salah satunya adalah Bubur Ayam. Di Daerah Cianjur Jawa Barat, bubur ayam merupakan makanan pokok ketika pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sampai Bupati membuat Tugu Bubur untuk menjaga kearfian lokal daerah Cianjur yang terkenal dengan Bubur Ayamnya.

Selain praktis dan mudah ditemukan di semua tempat, bubur ayam cukup mengganjal bagi perut yang lapar, rasa yang tetap tidak berubah dari zaman nenek moyang sampai sekarang, hanya saja mungkin banyak inovasinya sekarang, ditambah dengan ati ampela, telur puyuh, sate, kuah soto dan lain sebagainya sebagai menambah cita rasa Bubur Ayam. Meskipun banyak sekarang makanan baru atau kuliner baru yang turut mempengaruhi perkembangan zaman namun tidak ada yang bisa menggantikan rasa yang khas dari Bubur Ayam yang pas di lidah semua kalangan masyarakat.

Toping bubur ayam yang masih sam dari dulu sampai sekarang atau yang menjadi ciri khas adalah dun seledri, kacang, daun bawang goreng, kerupuk, potongan daging ayam, kecap, dan pais yang jika diaduk akan semakin menambah cita rasa yang ada. Namun konon katanya ada filosofi yang terdapat dalm toping-toping bubur yang ada yaitu menandakan strata sosial masyarakat yang ada di Indonesia yang berbagai tingkatan lapisan masyarakat dan juga menandakan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda naun tetap satu tujuan, seperti layaknya toping bubur menjadi satu tujuan ketika sudah sampai di lidah yaitu untuk mengenyangkan.

Bubur ayam juga mudah dimasak jika kita ingin membuatnya sendiri di rumah, atau membuat bubur untuk orang yang sedang sakit. Bagi para penggemar bubur mungkin nanti seiiring perubahan zaman akan makin banyak bubur ayam yang diberi inovasi macam-macam sehingga makanan yang tadinya ada di pinggir jalan atau yang sering ada di gerobak-gerobak menjadi makanan yang ada di menu cafe-cafe tempat nongkrong anak muda zaman now.

0 Response to "Bubur Ayam, Sarapan Khas Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel