Nasi Liwet Khas Kebersamaan Orang Sunda


Sejak ratusan tahun lalu Nasi Liwet sudah menjadi salah satu kuliner yang khas di setiap daerah di Indonesia terutama di daerah Sunda. Nasi liwet yang khas dimasak dengan cara mengolah beras dan mecampurkan air dan bahan rempah-rempah dalam satu tempat masak inilah yang menjadi ciri khas terutama aromanya yang beda dari nasi biasa.

Masyarakat Sunda biasa memasak nasi liwet dengan olahan bawang merah, bawang putih, daun salam, daun serai dan cabai merah yang bisa ditumis terlebih dahulu atau bisa saja langsung memasukkannya ke dalam panci berisi nasi liwet yang kemudian dicampur dengan garam dan sedikit minyak. Ada juga yang mencampurkannya dengan petai atau ikan asin atau juga ikan teri itu tergantung selera si pemasak tapi bagaimana pun olahan nasi liwet akan semakin terasa enak dan mantap jika dibarengi dengan sambal dan lalaban, mencirikan orang Sunda sekali.

Ketika jam makan siang tiba, ini cocok sekali untuk menikmati hidangan yang nikmat berupa nasi liwet beserta lauk pauknya yang digoreng hingga matang sempurna, banyak guru-guru, karyawan bank dan perusahaan lain yang jika sedang berlibur bersama atau sedang piknik ke daerah dataran yang tinggi tak jarang mereka memakan nasi liwet sebagai hidangan, praktis dan juga ekonomis barangkali menjadi alasan mengapa nasi liwet selalu ada selain dari rasa nikmat yang dihadirkan nasi liwet.

Sebagai generasi milenial yang tentunya tetap harus tahu tentang kuliner yang menjadi ciri khas dari zaman dahulu sampai sekarang bukan hanya tahu banyak tentang makanan-makanan hits tetapi juga tetap melestarikan budaya daerah atau tetap mejaga kearifan lokal. Dengan begitu, nasi liwet akan tetap ada menjadi hidangan yang istimewa di setiap menu, bahkan jika mengonsumsi nasi liwet setiap hari anehnya tidak menimbulkan rasa bosan di lidah namun yang harus diwaspadai adalah berat badan bertambah, nasi liwet cocok sekali bagi orang-orang yang ingin menaikkan berat badan, entah apa yang membuat kalori dalam nasi liwet lebih banyak ketimbang nasi biasa.

0 Response to "Nasi Liwet Khas Kebersamaan Orang Sunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel