Nasi Kuning Kuliner Tradisional Nusantara


Makanan ini masih bisa kita temui di semua kota terutama Bandung, Jakara dan Cianjur, karena makanan ini sering dicari masyarakat untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas, meskipun ini adalah kuliner jadul alias jaman dulu namu makanan ini masih banyak peminatnya kasrean rasanya yang khas dan lauk-pauknya yang beragam tak lupa dengan sambel oncom yang selalu berdampingan dengan nasi kuning.

Nasi kuning sendiri terbuat dari beraneka rupa bumbu yang bahan-bahannya adalah daun salam, jahe, lengkuas, daun pandan, daun serai, garam, santan, dan yang membuat nasinya menjadi warna kuning adalah dari kunyit.

Nasi kuning juga sering digunakan sebagai nasi tumpeng untuk acara-acara penting seperti maulid nabi, ulang tahun atau acara-acara resmi lainnya, di mana punclut nasinya adalah yang paling sering diburu karena katanya disitu terletak keberkahan namun yang perlu diingat adalah kita tidak tahu di belahan makanan yang mana yang ada keberkahnnya bisa juga keberkahan terletak di paling bawah nasi tumpengnya.

Semakin berkembang pesat zaman, tentunya nasi kuning juga harus bersaing dengan kuliner-kuliner lain yang juga baru dan lebih menarik, mempertahankannya adalah dengan membuat nasi kuning menjadi lebih enak dari biasanya. Di kota-kota lain nasi kuning dapat dijumpai hingga malam hari.

Banyak juga yang masih percaya bahwa menjual nasi kuning masih banyak peminatnya atau pembelinya, sehingga di Kota Bandung sendiri banyak warung nasi kuning yang terkenal di kalangan masyarakat.

Mungkin juga karena masyarakat berusia lanjut masih banyak yang menyukai nasi kuning ini, namun tak kalah banyak juga anak milenial membeli nasi kuning sebagai salah satu makanan pokok mereka karena rasanya yang khas apalagi ketika masih panas-panas dan ditaburi daun bawang mera yang sudah digoreng.

Di setiap penjual nasi kuning tentunya memiliki resep rahasia yang dapat menarik minat konsumen untuk membelinya, ada bumbu-bumbu yang turut hadir memeriakan rasa dari nasi kuning, bahkan bukan hanya olahan nasi kuning saja yang penting namun juga olahan lauk- pauknya sendiri.

0 Response to "Nasi Kuning Kuliner Tradisional Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel